Kamis, 06 November 2008

Kami Ingin Melakar Sejarah Baru Perubahan: Perjalanan Satu Diantara Dua Pengejar Mimpi

Dedikasi untuk istriku, Nelli Yendena dan buah hati kami, Adnan Neljann Thoura

Nama lengkap pria kelahiran Kabun Sumpur Kudus, 5 Juni 1983 ini adalah Jannatul Husna, S.ThI. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di SDN 07 Kabun (tamat tahun 1996), lalu dia melanjutkan pengembaraannya ke Madrasah Tsanawiyah Negeri di Padang Sibusuk (lulus tahun 1999). Kehidupan intelektual pemuda Kampai Darek ini kian terasah baik tatkala langkah nyasar-nya menginjak lembah ilmu Madrasah Aliyah Program Khusus di Padang Panjang (selesai tahun 2002). Berkat dukungan keluarga besarnya, terutama sokongan penuh dari sang ayah, Ali Anwar Dt. Rangkayo Mudo dan Ibu, Sari Nilam, serta saudara-saudaranya yang lain; Anga Hilal, Anda Ubek, Uda Adi, Uni HiEn dan Uda Ipul. Alhamdulillah rihlah ilmiah itu masih dapat diteruskan ke jenjang yang lebih tinggi, kuliah (S1). Walaupun banyak yang mencibir atas keputusan nekatnya untuk tetap kuliah, bahkan ada yang meramalkan, dia bakal “tumbang” dalam waktu dekat, karena secara kasat mata, apalah daya seorang anak desa yang tak begitu “berada” (alias miskin harta).

Ternyata bukan sekedar “pitih balepek” yang membuat orang mampu menemui hari Wisuda Kuliah, tetapi tekad yang kuat serta doa tulus pun boleh mengantarkan mereka ke tahap Sarjana. Buktinya, lakaran sejarah baru itu tercipta, tepat 21 Mei 2006, satu diantara putra daerah Kabun (daerah yang tersuruk itu) muncul sebagai Wisudawan Terbaik IAIN Imam Bonjol Padang, dengan pencapaian IPK 3,85 (Cum Laude).

Selama menjalani kuliah di Kampus Lubuk Lintah, dia mengabdikan diri sebagai guru TPA/TPSA di Masjid al-Ihsan Komplek Aru Indah Padang (2002-2006). Setelah selesai kuliah, dia kembali untuk beberapa saat ke kampung halaman, sambil mengajar di Taman Pendidikan Mubaligh Cilik Kec. Koto Tujuh (2006). Mendapatkan tawaran menjadi instruktur di Lembaga Kursus Bahasa Arab Yayasan Ar-Rahman Quranic Learning Padang, pimpinan Dr. Eka Putra Wirman, MA. (2007) membuat dia harus hijrah kembali ke Kota Bingkuang. Selang beberapa saat menjadi “pembantu” Dr. Eka, akhirnya tawaran kuliah S2 di Islamic Science University of Malaysia (USIM) datang, maka pengabdian itu tidak dapat dilanjutkan. Karena tawaran beasiswa pendidikan di USIM ini tidak sesuai dengan mode of study yaitu course and dissertation, maka pilihan terpaksa dialihkan ke University of Malaya Kuala Lumpur.

Mudah-mudahan berkat doa ikhlas semua pihak, baik keluarga mahupun masyarakat Kabun umumnya dan handai taulan, dalam waktu yang tidak lama, studi Master of Art (MA.) ini insya Allah bisa dirampungkan.

Diantara prestasi yang pernah diraih ialah: Juara 2 MTQ Antar Mahasiswa se-Malaysia di Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (2008); Juara 1 MTQ Dewasa Putra Kab. Sijunjung (dulu Swl/Sijunjung) di Padang Sibusuk (2006); Juara 1 MTQ Cab. Qiraat Sab’ah Kab. Sijunjung di Kamang Baru (2004); Juara 1 MTQ Remaja Putra Kab. Sijunjung di Tanjung Bonai Aur (2002); Juara 1 MTQ Antar Mahasiswa Baru Mapelkam (Masa Pengenalan Kampus) IAIN Padang (2002); Juara 1 Budaya Baca Antar Mahasiswa IAIN Padang di Fakultas Adab (2006); Juara 2 MTQ Cabang Tartil Menengah Kab. Sijunjung di Sitiung (2000); Juara 2 MTQ Remaja Kota Padang Panjang (2001); Juara Harapan 1 MTQ Cabang Cerdas Cermat Provinsi Sumatera Barat di Batu Sangkar (2001); Juara 3 MTQ Remaja Kota Bukittinggi (2000); Juara 2 MTQ Antar Juara-juara se-Kota Padang (2004); Juara Harapan 3 MTQ Cabang Qiraat Sab’ah Provinsi Sumatera Barat di Padang Pariaman (2006); Juara 3 MTQ Anak-anak Kota Sawahlunto di Kec. Barangin (1996);

Sementara pengalaman organisasi yang pernah diceburi ialah: Ketua Bidang Intelektual dan Penelitian Persatuan Pelajar Indonesia University of Malaya Kuala Lumpur (2008-2009); Ketua IGASI (Ikatan Warga Sisawah) Kota Padang (2004-2005 dan 2005-2006); Koordinator LKTH (Lembaga Kajian Tafsir Hadith) IAIN Padang (2004-2005); Anggota FKRS (Forum Kajian Riyadush Shalihin) Fakultas Usuluddin IAIN Padang (2003-2004); Sekretaris Bidang Intelektual BEMJ Tafsir Hadith IAIN Padang (2003-2004).

Diantara karya yang telah dihasilkan iaitu: Shalawat Allah dalam al-Quran: Kajian Tafsir Tematik (Skripsi S1 IAIN Padang, 2006); Menakar Fundamentalisme Keberagamaan Mahasiswa (Ahmad Wahib Award UIN Jakarta, 2005); Rasulullah Idola Sesungguhnya (Gebyar BEM IAIN Padang, 2006). Saat ini masih terus belajar menulis untuk menggapai karya yang kian baik. Keinginan itu tersalur lewat blog pribadi penulis ini, http://jannatulhusna.blogspot.com. Kalau mau berbagi cerita dan pesan hantarkan email melalui jannatulhusna@ymail.com dan hjannatul@yahoo.co.uk atau ke nomor talian +6014 2654654 (Malaysia).

Tulisan ini dipersembahkan buat pembaca, terutama:

kepada Bunda Adnan (istriku tersayang), Nelli Yendena, A.Md. Keb., dan anak tercinta, Adnan Neljann Thoura.
kemudian ponakan-ponakan:

1. Hendri Yenti (semoga kuliah Iyen dan pengabdiannya lancar!)
2. Desma Yenti
3. Susneli Wati
4. Roni Saputra (MakNek senang mendengar kabar Iyon punya prestasi kuliah baik!)
5. Elsa Putri (teruslah menggapai cita, MakNek bakal membantu sekuat upaya!)
6. Lestri Dona (teruslah menggapai cita, MakNek bakal membantu sekuat upaya!)
7. Rahmat Ilahi (rajinlah belajar, Si Il harus berhasil seperti yang lain!)

Terima kasih atas izin semuanya, dalam saya mengejar mimpi yang entah kapan siapnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar