Jumat, 07 November 2008

SURAT RINDU UNTUKMU KANDA
Oleh: jannatul husna*





assalamualaikum wbt.,

kanda...

lama sudah aku mencarimu. kerinduan akan gelak tawamu dulu masih tetap tersimpan, segar di ingatan jiwa ini. tapi entah dimana dan gimana aku harus menyapamu?
kata teman, kanda lama di yogya dan menetap sampai hari ini, disana...
sungguh aku sangat rindu kepadamu, bukan rindu seorang kekasih terhadap belain hatinya. tetapi rindu seorang adik kepada kakak, guru, bahkan sahabatnya.

dulu, saat dimana aku dikucilkan oleh kakak-kakak yang lain, saat aku dibenci oleh sahabat sendiri. karena aku terlalu akrab denganmu. kamu telah menghiburku dengan kesabaran dan ketabahan. koto baru, tempat dimana kita belajar fiqh sunnah dengan ustaz metriadi, mendendangkan irama bersama, menyimpan sejuta warna-pesona. setidaknya lembah merapi dan singgalang itu telah menjadikan kita seperti hari ini?

aku juga pernah berkunjung ke rumahmu di maninjau, indah sungguh kampung itu. tapi aku belum sempat membawamu beranjang sana ke negeri aku dilahirkan, jauh di sijunjung sana. mungkin tidak adil, namun nasib dan cita-cita yang berlainan membuat kita terpisah.

engkau memilih yogya sebagai ranah mengasah kepakaran, sementara aku terdampar di negeri menara kembar ini, kuala lumpur. walau tertatih, namun setidaknya kanda patut merasa bangga, punya adik yang satu ini. walau dia pernah menebar istilah "cerek bocor" kepada kakak-kakaknya, kala di asrama dar al-salam mapk beberapa tahun silam.

hari ini, setelah lama mencoba, klik kiri tekan kanan. akhirnya dunia maya tanpa batas tepi ini telah menuntun jalan adikmu ke beranda "blog jamayyka" (tempat berkumpulnya para alumni man/mapk koto baru padang panjang yang berkuliah di wilayah keraton yogyakarta). terima kasih jamayyka. karena engkau telah menjumpakan aku kembali dengan kakakku, ahmad riza anami, s.thi., ma.

oleh inilah, aku ingin tahu banyak tentang keadaan kakak hari ini. bagaimana dengan keluarga kecilnya disana, mudah-mudahan senantiasa dalam balutan kebahagiaan. keluarga besar kakak di maninjau, bagaimana? kuliah pasca-nya, mudah-mudahan rampung dalam waktu yang dekat. amin

demikian surat ini aku buat dalam penuh harap, semoga kanda bersedia membalas.
terima kasih.



*pelajar master pengajian al-quran dan al-hadith
unversity of malaya
kuala lumpur
+6014-2654654

Tidak ada komentar:

Posting Komentar